Blogger Template by Blogcrowds.

jadwal shalat...

Prayer Times For 6 Million Cities Worldwide
Country:

baseball (yakyuu) on japan

Artikel kali ini, ragil bakalan memperkenalkan olah raga paling populer di Jepang, yaitu Baseball, atau bahasa Jepangnye Yakyu.

Olah raga ini sangat merakyat, dari anak2 kecil sampe kakek2, nggak hanya nonton aja, mereka juga dah maen Yakyu ini sejak mereka kecil. Bagi kita, olah raga ini seperti bulu tangkis mungkin.
Baseball ini mungkin nggak familiar buat kita2. Peraturan permainannya, mirip dengan bola kasti, kalo yang pernah maen bola kasti waktu SD, atau bola bakar waktu SD dulu.
Permainan antar dua regu terdiri dari 9 orang, secara bergantian, satu regu sebagai penyerang dan regu yang lain sebagai penjaga.
Regu penyerang mengirimkan satu per satu wakil pemukul bola (disebut Batter) dan regu penjaga mengirim satu wakil untuk melempar bola (disebut Pitcher).
Anggota laen dari regu penjaga, tersebar di seluruh lapangan, mencoba menangkap bola yang terpukul sebelum si pemukul bola mencapai base.

Si pemukul bola harus lari menuju Base-1 sebelum si penjaga menangkap bola dan menyentuhkannya ke Base-1. Setelah pemukul bola berikutnya berhasil memukul bola, dia harus mencuri kesempatan itu untuk singgah di Base-2, Base-3 dan balik kandang.
Homerun, itu adalah sebutan ketika si pemukul bola berhasil memukul bola hingga keluar dari lapangan, sehingga dia dan anggota regu lain yang sedang berada di Base-1/2/3 bebas lari ke kandang.

Tiap anggota yang berhasil balik ke kandang, regu mendapat 1 point. Regu penyerang dan regu bertahan bergantian sampe 9 ronde.
Regu penyerang berganti menjadi regu bertahan bila mereka gagal memukul bola sampai batas tertentu atau melakukan fault.
Olahraga Baseball ini populer di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Kuba, Republik Dominika, Venezuela, Kolombia, Panama, Nikaragua, juga di Korea dan Taiwan. Di Amerika, terkenal dengan Major League (MLB). Di Jepang, nggak kalah dengan Major League, ada Liga Profesional (NPB) dengan jumlah pertandingan lebih dari 150 per tahun.
Seperti di Major League yang dibagi jadi dua divisi, National League dan American League, Liga Profesional di Jepang juga dibagi jadi dua divisi, Central League dan Pacific League.
Tim anggota Central League:
1. Chunichi Dragons, basenya di Nagoya dan disponsori oleh perusahaan mass media Chunichi.

2. Hanshin Tigers, basenya di Hyogo. Tim terpopuler di daerah Kansai (daerah sekitar Osaka, Kyoto, Kobe) dan hampir semua orang Kansai adalah supporter tim ini. Sponsornya adalah grup Hanshin, perusahaan transportasi kereta dan department store. Tapi karena populernya, team ini bisa dibilang berdiri mandiri hanya dengan pemasukan dari penonton. Meski tim ini sangat populer, tim ini merupakan tim yang bisa dibilang lemah, beda dengan musuh bebuyutan Yomiuri Giants yang bertabur bintang dan tim terkuat di Jepang.
3. Hiroshima Toyo Carp, basenya di Hiroshima.
4. Tokyo Yakult Swallows, basenya di Tokyo, seperti Yomiuri Giants, dan disponsori ma perusahan minuman Yakult.
5. Yokohama Bay Stars, basenya di Yokohama dan disponsori ma perusahaan mass media.
6. Yomiuri Giants, merupakan team paling populer dengan banyak pemain bintang. Meski disponsori ma perusahaan mass media Yomiuri Group, team ini bisa mandiri hanya dengan pemasukan dari penonton. Basenya di Tokyo Dome. Pemain Jepang terkenal bernama Matsui yang sekarang aktif di Amerika (New York Giant) berasal dari team ini.
Team anggota Pacific League:
1. Chiba Lotte Marines, basenya di Chiba dan disponsori oleh perusahaan makanan Lotte.
2. Fukuoka SoftBank Hawks, basenya di Fukuoka dan disponsori oleh perusahaan telekomunikasi dan informasi nomer satu SoftBank, yang empunya Yahoo! Japan dan perusahaan telpon genggam SoftBank. Dulunya team ini bernama Daie Hawks, disponsori ma perusahaan retaling Daie.
3. Hokkaido Nippon Ham Fighters, basenya di Sapporo daerah Hokkaido, dan disponsori ma perusahaan makanan Nippon Ham.
4. Orix Buffaloes, basenya di Osaka Dome. Team baru ini merupakan gabungan dua team, yang disponsori perusahaan financial Orix dan perusahaan transportasi Kintetsu. Pemain Jepang terkenal bernama Ichiro yang sekarang lagi aktif di Amerika (Seattle Mariners) berasal dari team ini.
5. Saitama Seibu Lions, basenya di Saitama deket Tokyo dan disponsori oleh perusahaan retailer Seibu.
6. Tohoku Rakuten Golden Eagles, basenya di Sendai daerah Tohoku dan disponsori oleh perusahaan IT internet shopping, bernama Rakuten.
Bulan Oktober - November ini lagi seru2nya karena mencapai klimaks perebutan tim terkuat di Jepang.
Di Central League, musuh bebuyutan Yomiuri Giants dan Hanshin Tigers lagi berada di posisi ketat untuk merebutkan juara Central League.
Juara Central League akan bertanding melawan juara Pacific League untuk mendapatkan gelar tim nomer satu di Jepang.

sumber : kazoku-chan.blogspot.com

0 comments:

Newer Post Older Post Home